Pembentukan BKM Babussalam Madani Kabupaten Rokun Hulu Provinsi Riau

Pembentukan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) di Desa Babussalam Kec. Rambah Kab. Rokan Hulu Provinsi Riau dilaksanakan pada hari Minggu 03 Mei tahun 2020 yang berlokasi di Agro Wisata Kurma Desa Babussalam. Dimulai dengan tahap Sosialisasi Tingkat Desa pada tanggal 27 April 2020 di Kantor Desa Babussalam yang dihadiri 10 peserta terdiri dari Kepala Desa dan perangkat, BPD dan anggota, Tokoh Masyarakat, RT, Tokoh Agama, dan Perwakilan Pemuda.

Pada saat Sosialisasi tidak dihadiri oleh banyak orang karena kondisi dalam Covid 19 ini untuk tidak mendatangkan banyak orang. Pada saat sosialisasi disepakati bersama untuk Pembentukan BKM dibuat Panitia yang akan merancang aturan main dan draft AD/ART BKM yang akan disampaikan Pada saat pembentukan BKM. Disepakati Bersama dalam Pembentukan BKM Tingkat Desa Menghadirkan 3 orang dari pemilihan tingkat Basis/RT, Bertempat di Agro Wisata Kurma Desa Babussalam yang terdapat tanaman Obat yang dibuat oleh PKK Desa Babussalam menjadi nuansa yang agak berbeda karena diadakan ditempat terbuka menjadi lebih nyaman dan asri. Mengingat Pemilu BKM ini akan mendatangkan banyak orang disuasana kondisi pandemi Covid 19 untuk itu Pemilu BKM ini mengikuti protokol kesehatan yang ada dengan kesepakatan semua unsur yang ada di Desa Babussalam. Dengan dilengkapi APD serta menerapkan jaga jarak diantara peserta.

Dalam Pemilu BKM ini dihadiri 38 peserta. Masyarakat Desa Babussalam dengan antusias mendatangai Argo Wisata Kurma setiap RT terwakili 3 orang dalam melakukan pemilihan. BKM yang terpilih berjumlah 9 orang yang nanti akan menjadi dewan amanah untuk pengurangan kumuh dan menata permukiman. Nama BKM yang untuk Desa Babussalam disepakati oleh masyarakat yang hadir adalah Babussalam Madani sebagai perwujudan visi untuk mencapai masyarakat yang madani bagi Desa Babussalam yang terkenal dengan nilai-nilai religiusnya.


Pelaksanaan pembentukan TIPP/Relawan untuk Panitia Pembentukan BKM

Rapat TIPP/Relawan/ Panitia Pembentukan BKM pembahasan draft AD/ART BKM

Peserta Perwakilan Perempuan dari setiap RT Hadir dalam Pembentukan BKM

Masyarakat yang hadir perwakilan setiap RT dijaga jaraknya

Panitia melakukan rekapan hasil pemilihan pembentukan BKM

Panitia melakukan rekapan hasil pemilihan pembentukan BKM dengan trasparan

Penulis : Asra Diswan | Assisten Mandiri Kab. Rokan Hulu

0 comments:

Posting Komentar